Kamis, 04 Oktober 2007

Mudik yukkk kita mudikkk!!

Kalo kita mudik dengan kendaraan sendiri pasti jauh lebih nyaman dan aman, namun bagaimana dengan elo yang terpaksa mudik menggunakan kendaraan umum, pastinya jauh lebih ribet dan beresiko. Nah, untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan selama mudik, gak ada salahnya elo cermati tips dan trik berikut ini, agar perjalanan mudik elo terasa lebih aman dan jauh dari resiko bahaya kejahatan yang kerap mengintai para pemudik.Walau gue kagak mudik tapi ini cukup bermanfaat loch!!

- Yakin dan Percaya Diri

Bisa jadi elo sudah lama tak pulang kampung dan tentu sedikit merasa asing dengan perubahan kota elo, atau merasa tak mengenali daerah di mana elo memang diwajibkan untuk transit sebelum menuju ke tujuan akhirnya. Tak perlu panik, tingkatkan rasa percaya diri elo, karena di tempat umum rasa pede mutlak dibutuhkan untuk menghindari bahaya kejahatan yang kerap kali muncul di saat peluang tersebut terbuka. Yakinlah bahwa elo mengenali area di mana elo berada, jika memang dibutuhkan bertanyalah kepada pihak keamanan atau orang-orang yang elo yakini bisa membantu. Hindari bertanya pada sembarang orang.

- Perhiasan

Bukan rahasia umum lagi, jika perhiasan jadi magnet menarik tindak kriminal. So, jika ingin selamat, jangan gunakan perhiasan sama sekali selama mudik dengan kendaraan umum, meskipun itu hanya sebuah perhiasan imitasi. Karena apapun aksesori yang elo pakai, pasti mengundang pelaku kriminal.


- Pakaian

Karena elo bepergian dengan kendaraan umum, usahakan mengenakan pakaian yang tak mencolok, baik dalam warna maupun model. Celana panjang dengan berbahan denim dan atasan berbahan katun akan terasa nyaman saat digunakan bepergian dan memudahkan ruang gerak elo. Pakai sepatu sport yang nyaman dan ringan di kaki, hindari menggunakan sepatu berhak tinggi. Ingat elo sedang mudik, bukan pergi ke pesta khan?

- Obat-obatan

Perjalanan jauh butuh kondisi tubuh yang fit dan bugar, karena itu jangan sepelekan kondisi badan, dan usahakan selalu mengkonsumsi makanan sehat dan minum multivitamin saat elo mudik. Jangan lupa membawa obat, minyak goreng eh...salah maksud gue minyak gosok dan suplemen setiap kali mau bepergian jauh.

- Barang Bawaan

Meski lama tak pulang kampung bukan berarti elo harus memborong semua oleh-oleh khas kota di mana elo tinggal selama ini khan? Keselamatan dan kenyamanan jauh lebih penting, mengingat elo bepergian dengan transportasi umum, tentu kemudahan gerak jadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Jika memang elo memaksa membawa banyak barang, minimalkan membawa barang yang sekiranya gak dibutuhkan, perkirakan berapa lama akan berlibur dan yang pasti pilih tas pakaian berbahan tebal dan kuat, lebih bagus lagi jika dilengkapi pengunci bernomor kode otomatis.

- Uang Pas

Uang jadi urusan ini yang paling crucial, untuk berjaga-jaga dari tindak kejahatan simpan uang di beberapa tempat yang sekiranya aman dan jauh dari jangkauan copet. Selain itu, seandainya elo memang terlanjur kena palak/gendam, elo masih bisa menyelamatkan sebagian uang.

- Dompet

Hindari mengeluarkan dompet di depan umum, karena barang ini menjadi incaran idola para pencopet. Lebih aman jika elo menyimpan sejumlah uang pas di saku celana dan menyimpan dompet di bagian terdalam tas bawaan elo. Aman dan tentu lebih praktis mengingat elo akan berdesak-desakan dengan banyak orang. Dan jangan lupa bawa selalu uang receh di saku yang lain, untuk membayar peron atau setidaknya berbelas kasih pada pengemis atau pengamen.

- Stay Cool

Jangan terlalu banyak melakukan gerakan berlebihan, karena tindakan ini justru mengundang orang lain untuk melihat lo. Cobalah, tetap tenang dan waspada meski elo berada dalam situasi yang tidak nyaman. Tarik nafas panjang bisa membantu mengembalikan ketenangan.

- Waspada

Usahakan tetap bersikap wajar dan sopan meski teman seperjalanan elo menawarkan kebaikan. Jangan terlalu akrab dan jangan terlalu berlebihan mencurigai teman perjalanan. Bersikap hati-hati dan ada baiknya menolak dengan halus jika ada yang menawari makanan ataupun minuman. Jangan pula terlena dengan tampang rupawan dan baik hati yang mencoba bercakap-cakap dengan elo, siapa tahu itu hanya sebuah 'perangkap' yang akan memperdaya elo. Bersikap dan berbicaralah seperlunya dengan tema umum dan hindari pembicaraan yang sifatnya pribadi.

- Tegas

Jadi rebutan calo, tukang ojek, becak dan sopir taksi selalu dialami para pemudik, nah untuk menghindari serbuan tersebut adalah menolaknya dengan tegas namun sopan. Jika masih 'membandel' dan bahkan bersikap kurang ajar, jangan sekalipun meladeni mereka, lebih bijak jika elo diam aja dan mengabaikan mereka, meskipun elo ngerasa gak nyaman dengan perkataan yang mereka ucapkan. Segeralah menuju ke area yang elo anggap aman dari jangkauan mereka setidaknya sampai jemputan datang atau memungkinkan elo berpikir lebih tenang untuk menentukan tujuan elo selanjutnya.

- Berdoa

Merasakan kehadiranNya dalam setiap langkah, akan membuat perjalanan lo terasa aman dan nyaman. Biasakanlah berdoa sebelum elo bepergian, selain membuat hati lebih tenang, elo juga bakal terhindar dari kejahatan yang melibatkan ilmu-ilmu tertentu di luar jangkauan elo, dan tak pernah elo sadari.

Nah, siap mudik ke kampung halaman? Semoga tips yang diberikan bisa jadi bekal perjalanan mudik yach... Selamat mudik & Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H.

tips ini gue sadur dari kapanlagi.com

Tidak ada komentar: