Selasa, 18 Desember 2007

Bikin Pasport Sendiri Ajah...!!


Akhirnya selesai sudah pasporku, ternyata buat paspor tuch gak susah loch asal punya waktu. Karena kalo pake jasa agen emank lebih mahal, sekitar Rp. 500.000,- s.d Rp. 750.000,- tergantung dari selesainya cepat atau lama. Tapi buktinya aq cuma butuh 1 minggu doank tuch, senin tgl. 10 Desember 2007 masukin formulir dan syaratnya, diwawancara & photo hari kamis,14 Desember 2007 dan senin, 17 Desember 2007 paspor bisa diambil.


Awalnya kirain susah buatnya, ternyata paspor bisa dibuat di kantor imigrasi dimana aja loch. Awalnya kata orang dan lihat dimilis, kalo untuk daerah Bekasi harus ke Karawang. ternyata aku buat di kantor imigrasi Cipinang, Jakarta. Gak perlu jauh-jauh ke Karawang bisa koq. Pokoknya cari kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal aja. Terus biaya yang harus kita bayar murah koq, cuma Rp. 275.000,- itu dah net. Rinciannya (dari kuitansi) :
biaya sertifikatnya/bukunya Rp. 200.000,-
administrasi Rp. 15.000,-
photo RP. 55.000,-
jadi dikuitansi Rp. 270.000,-
Rp. 5.000,- nya buat uang jalannya petugas kale y...
tapi terkadang ada uang PMI Rp. 2.000,- doank buat amal.

Nah, murahkan!! Bedanya kalo sama pake agen/perantara/calo memank mahal tapi pas disana gak perlu nunggu lama untuk panggilan wawancara. Seperti diriku dari jam 09.00WIB nyampe disana dan nunggu,nunggu,...ampe jam 1/2 11 baru dipanggil. Padahal aku orang ke urutan 6 tapi bisa lama y.. karena didalam para agen/perantara/calo langsung memasukan map para clientnya kesana, jadi tanpa dipanggil langsung wawancara aja didalam.

Ihiks..ihiks...ihiks...nunggu diluar sampe berlumut, masa dipanggil 1 orang setengah jam sekali. Sempet lagi kesel gitu, aq terpanah sama tulisan di Loket



"URUSLAH PASPOR ANDA SENDIRI, JANGAN MELALUI PERANTARA ATAU CALO". BeTe banget ngeliat warning kayak begini. Padahal aq nunggu lama gara-gara perantara/calo mereka layanin lebih dulu daripada yang urus sendiri. Ya maklumlah UUD (Ujung-Ujungnya Duit). Jadi, apakah masih berguna tulisan itu terpampang diatas loket?? jika mereka me-legalkan calo bisa mondar-mandir di dalam ruangan petugas. Uh...c_d (cuape dech).

By the way,.....pasporku dah jadi.





3 komentar:

klara mengatakan...

Makasih neh infonya jd bs nge copy ksh buat sodara di jkt yg mo bkn paspor sekeluarga hehehehehe...

klara mengatakan...

oh ya gue lupa..sejak kpn ya pake wawancara segala mo bkn paspor?? klo perlu ditulis apa aja wawancaranya dan apa aja syaratnya jd yg blm punya paspor bs liat dri blog kamu akan membantu sekali makasih..

anyie_ku mengatakan...

oke thanks Klara.

Sebelumnya beli dulu formulirnya
cuma 10 ribu rupiah saja koq.
Nahh.....
Syarat dokumen yg dibutuhkan :
- Fotocopy KTP
- Fotocopy Kartu Keluarga
- Fotocopy Ijazah/Akte Lahir

Syarat tersebut kalo pada keterangan KTP pekerjaannya MAHASISWA loch. Tapi kalo keterangan pekerjaannya PEGAWAI harus tambah surat keterangan bekerja dari perusahaan dech.

oh...iya WAWANCARA itu emang dah lama ada. Wawancara bersifat biasa koq, gak kayak bikin VISA rada ribet dan mendetail.
contoh wawancara :
- Nama siapa ?
- Tempat tinggal dimana?
- Baru buat baru/perpanjang?
- Mau rencana kemana?
- Kalo perpanjang paling ditanyain
biasanya pergi kemana aja?
udah koq gak ribet karena memang yang ngantri banyak jadi gak sempet banyak pertanyaan. Lagian juga pegawainya sambil sibuk rapihin dokumen yang akan kita tanda tanganin koq. Jadi tau dech dia mudeng gak jawaban kita.
He..he...he...he..